Friday, May 08, 2020

Membentuk Anak Generasi Maju Yang Tetap Kreatif Saat #DiRumahAja

Tips Mengasah Kreativitas Anak

Hari ini tepat 48 hari Arka dan Raya #BelajarDiRumah. Sesuai anjuran pemerintah, saya dan suami berusaha tidak keluar rumah kecuali untuk belanja kebutuhan dapur, kalau anak-anak sih sudah pasti tidak berpergian sama sekali. Nah, untuk menjaga mereka menjadi Anak Generasi Maju yang tetap aktif dan kreatif selama #DiRumahAja, saya sering mengajak mereka berkreasi dengan banyak ide permainan.

Beruntung saya menjadi bagian dari Mombassador SGM Eksplor, di masa sulit seperti ini kami nggak cuma saling mendukung tapi juga saling berbagi ide kegiatan dan permainan kreatif. 

Buat bunda-bunda yang mulai kehabisan ide bermain bersama anak, hari ini saya mau kasih beberapa referensi permainan seru yang gak cuma akan mengasah kreativitas anak, tapi juga meningkatkan bonding orang tua dan anak-anak. 

Scroll terus ke bawah yaa :) 

Tips Mengasah Kreativitas Anak Saat #DiRumahAja


1. Membuat Puppet Show

Tips Mengasah Kreativitas Anak

Permainan Puppet Show alias Pertunjukan Boneka diawali dengan membuat boneka kertas sesuai karakter favorit anak. Biarkan si kecil menggambar dan mewarnai boneka kertas sesuai imajinasinya, hal ini akan melatih motorik halus dan kreativitas anak. Kita cukup membantu dalam proses menggunting saja kalau si kecil belum mampu melakukannya sendiri. 

Setelah boneka kertas jadi, buat panggung pertunjukan sederhana dari kain atau kardus, lalu mulai lah mengajak anak bercerita. 

Bercerita atau story telling bukan cuma imajinasi anak yang terasah tapi juga melatih kemampuan bahasa dan perbendaharaan kosakatanya. Aspek ini penting sekali untuk meningkatkan pontensi prestasi cerdas kreatif dan supel pada diri anak. ⁣


2. Berkreasi dengan barang bekas

Tips Mengasah Kreativitas Anak

Anak-anak biasanya suka diajak membuat mainan dari barang bekas, apalagi kalau mereka sendiri yang melakukan semua proses pembuatannya. 

Paling mudah sih membuat mainan dari kardus. Seperti Arka yang kemarin dapat tugas sekolah membuat mobil dari kardus susu. Tapi karena saya harus menemani Raya membuat poster, Arka berinisiatif membuat mobil-mobilan sendiri. Eh ternyata dia berhasil 😍⁣

Bangga rasanya, buat saya ini adalah prestasi hebat yang ditunjukkan Arka. Dia berusaha mandiri dan percaya akan kemampuannya sendiri saat menyelesaikan masalah, juga selalu berpikir kreatif mengerjakan tugasnya. ⁣


3. Membuat percobaan sains sederhana

Tips Mengasah Kreativitas Anak

Percobaan sains selalu berhasil membuat anak-anak saya memekik takjub, padahal bahan-bahan yang dipakai sederhana saja. 

Beberapa ide percobaan sains sederhana sudah pernah saya tulis di 10 Kegiatan Seru Bersama Anak Untuk Liburan Bebas Bosan, silahkan dilihat :) 



Tetap semangat mendampingi si kecil belajar dan bermain di tengah keterbatasan ini yaa Bunda.. Walau sebagian dari kita sudah mulai diserang bosan, bingung masak apa lagi, sedih karena anak sering rewel, tetap berusaha bertahan sebentar lagi yaa.. 

Sebagai ibu, kita adalah kekuatan untuk suami dan anak-anak, tiang doa sekaligus pondasi keluarga. Dan masa pandemi yang mengharuskan kita berdiam di rumah seperti sekarang ini adalah saat terbaik membangun bonding dengan anak, bermain, belajar, menstimulasi, atau hanya sekedar kruntelan. 

Oh ya, jangan lupa, asupan nutrisi anak-anak harus tetap terjaga agar mereka selalu sehat, kuat, dan cerdas. Selain memberi menu dengan gizi seimbang, saya juga memberi Arka dan Raya susu SGM Eksplor 2x sehari sebagai pelengkap nutrisi hariannya. 


Untuk Bunda yang punya pertanyaan terkait tumbuh kembang anak, kesehatan dan nutrisi anak, serta informasi pencegahan Covid-19, langsung saja cari informasi yang tepat dengan menghubungi careline SGM di nomor 0800 1 360 360 atau kunjungi media sosial Aku Anak SGM dan website Generasi Maju

Peluk hangat dari kami.. Semoga kita bisa menjadi pemenang setelah pandemi ini berakhir 🤗


#SGMEksplor #BersatuDanKuat demi #GenerasiMaju⁣
#MombassadorSGMEksplor 
#PoinPrestasi⁣

1 comment:

  1. Makasih bunda buat referensi nya selama dirumah aja bisa kreatif ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)