Selalu Aktif, Percaya Diri, dan Bebas Anyang-Anyangan Bersama Prive Uri-cran

cara mengobati anyang-anyangan

Teman-teman pernah nggak mengalami kepingin pipis banget, tapi giliran udah di toilet malah pipisnya ngga keluar? Dan rasa pingin pipis tanpa kenyataan itu masih dibarengi sensasi panas dan sakit di kandung kemih. Itu tuh namanya anyang-anyangan. Saat masih kuliah saya sering kena anyang-anyangan, dan itu nggak enak banget. Yang sudah pernah merasakan pasti paham sakitnya.


Buat yang belum tahu, dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut Polakisuria, suatu kondisi dimana lapisan mukosa pada kandung kemih mengalami peradangan hingga tidak mampu menampung urin lebih dari 500ml, hal itu menyebabkan penderitanya sering merasa ingin buang kecil tapi urine yang keluar cuma sedikit atau malah tidak keluar sama sekali, macam dikasih harapan palsu gituu. 


Pada kasus saya, anyang-anyangan terjadi saat saya kurang minum dan sering menahan buang air kecil. Maklum yaa, perjalanan dari rumah di Bekasi ke kampus di UI Depok itu mirip petualangan luar angkasa, saya harus gonta ganti angkot dan KRL, kalau sudah ketinggalan KRL ya mau nggak mau lari-lari ngejar bus. Habis lari-lari kan haus, tapi bekal minumnya keburu habis, terpaksa nahan minum deh. Terus, urusan buang air kecil juga seringnya ditahan, tahu sendiri kan kondisi toilet di stasiun atau terminal itu horor banget, jadi saya milih menunda pipis sampai di kampus. 

Kebiasaan menahan minum dan menunda pipis rupanya membuat saluran kemih saya protes dan jadinya ya anyang-anyangan itu, kalau sudah kumat sakit banget sist! Semua aktifitas jadi terhambat dan kepercayaan diri juga menurun karena ribet bolak balik ke kamar mandi.

Memang apa sih hubungan kurang minum dan menahan pipis dengan anyang-anyangan?

Jadi gini, kebanyakan fungsi vital tubuh dimediasi oleh air. Mulai dari melarutkan berbagai zat gizi dan oksigen, melembapkan jaringan mulut, mata, dan hidung, hingga membantu mengeluarkan bakteri yang merugikan tubuh melalui urine. Saat tubuh kekungan asupan air karena kita kurang minum, pembuangan urine pun terhambat dan menyebabkan bakteri tertahan di saluran kemih. Jadi penting sekali mengkonsumsi air bersih minimal 2 liter perhari untuk melancarkan pembuangan urine.

Nah, urine yang sudah terkumpul di kantung kemih itu baiknya langsung dibuang, jangan dikumpulin dan ditahan-tahan karena bisa menggumpal dan menjadi kristal. Kalau sudah mengkristal keluarnya akan terhambat. Buat yang punya kebiasaan menahan pipis karena ragu dengan kebersihan toilet, jangan diulangi yaa, menahan pipis itu bisa berbahaya loh.

Lha gimana, kan risih banget kalau harus pipis di tempat kotor. Iya sih, saya juga nggak suka pipis sembarangan. Apalagi kloset, terutama kloset di kamar mandi umum, menyimpan banyak sekali bakteri dan virus berbahaya, mulai dari bakteri E-Coli sampai Human Papilloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks. Jika bakteri E-Coli memasuki kandung kemih, kita akan mengalami Infeksi Saluran kencing.

cara mengobati anyang-anyangan
Mau ke toilet umum?
Pastikan dulu kebersihannya yaa :)

Jika terpaksa menggunakan toilet umum, pastikan toilet itu bersih. Kalau saya biasa bawa toilet seat sanitizer yang disemprotkan ke pinggiran kloset sebelum digunakan. Dan kloset jongkok ternyata lebih aman dibanding kloset duduk, jadi saat harus menggunakan kloset duduk di kamar mandi umum, lapisi pinggir dudukannya dengan tisu supaya kulit kita nggak langsung bersentuhan dengan kloset.

Kebersihan air di toilet juga harus diperhatikan. Syukur kalau dapat toilet dengan handshower, tapi kalau pas dapat toilet alakadarnya, selalu cek dulu kondisi air dan gayung sebelum cebok. Lebih bagus bawa botol air minum bekas untuk menampung air langsung dari kran supaya air nggak sempat bersentuhan dengan bak dan gayung.

Ngomongin cebok, kebiasaan cebok yang salah juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Untuk perempuan, membersihkan kemaluan setelah buang air kecil dan besar nggak boleh sembarangan. Basuh kemaluan dari arah depan dulu baru ke belakang untuk mengurangi penyebaran bakteri. Oh ya, jangan lupa selalu keringkan area kemaluan setelah cebok untuk menjaganya dari kelembapan.

Lalu untuk perempuan yang sudah menikah, jangan malas membersihkan organ intim dan usahakan langsung buang air kecil setelah berhubungan. Saat memilih pembersih area kewanitaan jangan cuma pilih yang wangi dan bikin putih saja, lihat juga kadar PHnya agar bakteri baik penjaga perdamaian tidak ikut gugur dalam tugas.

Perhatikan kebersihan pakaian dalam sehari-hari. Area genital yang lembab lebih rentan didatangi bakteri. Ganti pakaian dalam minimal 2x sehari atau sesering mungkin saat terasa lembab. Kalau perlu bawa pakaian dalam untuk ganti saat pergi seharian.

Selain mengganggu, anyang-anyangan bisa menjadi salah satu gejala awal Infeksi Saluran Kemih loh, kemudian merambat ke penyakit-penyakit lainnya, seperti gagal ginjal. Haah serius?

Serius lah. Saya lanjutin lagi yaa..

Kebetulan tadi siang saya mendapat kesempatan mengikuti Talkshow Uri-Cran Women Community: Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih. Di acara ini, selain dapat banyak insight cara mengatasi anyang-anyangan dari tim Prive Uri-cran, kami juga mendapatkan penjelasan lengkap tentang Infeksi Saluran Kemih dari dr. M. Nurhadi Rahman SpOG. Dokter ahli kandungan idolanya ibu-ibu di Jogja nih :)

cara mengobati anyang-anyangan
dr. M. Nurhadi Rahman SpOG
di acara Talkshow Uri-Cran Woman Community

Infeksi Saluran Kemih

Di dalam istilah medis Infeksi Saluran Kemih atau ISK disebut Cystitis, suatu infeksi akibat bakteri yang menyerang saluran kemih: ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Sebelum makin bingung, saya cerita sedikit sistem kerja saluran kemih yaa. 
Sistem saluran kemih atau sistem urinaria adalah proses kerja organ tubuh menyaring dan membuang zat sisa yang ada di dalam darah serta cairan berlebih melalui urine. Zat sisa ini disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk urine yang dialirkan melalui ureter, menuju kandung kemih. Setelah ditampung di kandung kemih, urine dibuang melalui saluran pelepasan yang disebut uretra dan bermuara hingga ke lubang kencing.
Jangan tertukar antara ureter dan uretra. Ureter adalah saluran yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih. Sementara uretra adalah saluran yang membawa urine dari kandung kemih menuju luar tubuh melalui lubang kencing.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih

ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia-Coli atau E-Coli. Bakteri E-Coli ini hidup di saluran pencernaan kita dan keluar bersama feses. Akibat kebiasaan cebok yang salah, E-Coli bisa masuk ke kandung kemih melalui lubang genital dan uretra, kemudian menginfeksi saluran kemih.

Selain cebok yang salah, kebersihan toilet dan hubungan pasutri juga bisa membuat saluran kemih kita terinfeksi E-Coli. Masih ingat penjelasan saya di atas tentang bahayanya menggunakan toilet umum? Semua kloset, terutama kloset di kamar mandi umum, menyimpan banyak sekali bakteri, salah satunya bakteri E-Coli itu. 

ISK bisa menyerang siapa saja, laki-laki, perempuan, anak-anak, dewasa, dan lansia. Tapi dibanding laki-laki, perempuan memang lebih rentan terserang ISK karena uretra atau saluran kencing pada perempuan lebih pendek dan membuat bakteri E-Coli lebih mudah masuk ke saluran kemih. 
5 dari 10 perempuan pernah mengalami ISK, dan 2 diantara 5 itu mengalami ISK berulang.  

Ada dua macam Infeksi Saluran Kemih, yaitu:
1. Infeksi Saluran Kemih bagian atas (pielonefritis), terjadi saat bakteri E-Coli menginfeksi ginjal dan ureter.
2. Infeksi Saluran Kemih bagian bawah (sistitis), terjadi saat bakteri E-Coli menginfeksi  kandung kemih dan uretra.

Meski sama-sama berbahaya, ISK atas dapat menyebabkan kematian karena memicu urosepsis, sebuah kondisi dimana bakteri yang ada di ginjal menyebar hingga ke darah dan mengakibatkan gagal ginjal, syok karena tekanan darah turun, hingga berujung pada kematian.

Gejala dan Tanda-Tanda Infeksi Saluran Kemih

Anyang-anyangan merupakan gejala ISK, tapi selain itu masih ada tanda-tanda lain yang bisa menunjukan seseorang terkena ISK, di antaranya:
  1. Ingin buang air kecil terus menerus
  2. Rasa terbakar saat buang air kecil
  3. Nyeri di punggung atau perut bagian bawah.
  4. Urine berwarna keruh, gelap, berdarah, atau berbau aneh.
  5. Badan lebih mudah lelah.
  6. Ada rasa sakit di daerah panggul pada perempuan, dan rasa sakit di daerah anus pada laki-laki.
  7. Demam atau menggigil (saat infeksi sudah sampai ke ginjal).
Baru gejalanya saja sudah serem nggak sih? Makanya saluran kemih harus banget di jaga dan dipelihara. Supaya kita nggak mudah terserang anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih, yuk lakukan hal ini:
  1. Minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.
  2. Hentikan kebiasan menahan buang air kecil.
  3. Cek kebersihan toilet sebelum menggunakannya, bawa tissue sendiri, bawa toilet seat sanitizer, dan cebok menggunakan air langsung dari kran.
  4. Biasakan cebok yang benar dari depan ke belakang.
  5. Pilih pakaian dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat.
  6. Biasakan buang air kecil dan bersihkan area genital.setelah melakukan hubungan intim.

Bebas Anyang-Anyangan Bersama Prive Uri-cran

Jika sudah terlanjur terkena ISK biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkan infeksinya itu, dan kalau ISK yang dialami berulang, terapi antibiotiknya bisa sampai hitungan bulan. Teman saya pernah harus minum antibiotik selama 3 bulan karena terkena ISK berulang :(

Eits, jangan panik dulu, sekarang sudah ada kok obat herbal untuk mengatasi anyang-anyangan. Namanya Prive Uri-cran dengan kandungan utama ekstrak cranberry yang terbukti bisa mengobati anyang-anyangan.

Cranberry (Vaccinium Oxycoccos) yang berasal dari keluarga berry termasuk tanaman semak atau tumbuhan liar. Cranberry ini punya bentuk mirip dengan blueberry dengan warna yang lebih tua. Seperti umumnya keluarga berry, cranberry punya kadar vitamin C dan Flavonoid yang sangat tinggi, kedua mineral itu adalah sumber antioksidan hebat yang mampu menjaga kesehatan jantung dan menghalau bakteri berbahaya.

Salah satu keluarga flavonoids yang terkandung dalam buah cranberry adalah Proanthocyanidins (PAC), senyawa yang memberikan warna merah dan biru pada buah. Proanthocyanidins terbukti bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, memperkuat kapiler, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Proanthocyanidins juga dikenal memiliki sifat anti adhesi yang mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama urine.

Dengan semua keistimewaan buah cranberry tadi, di tahun 2004 lembaga pengawasan obat dan makanan Prancis (AFSSA) mengizinkan penggunanaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dikuatkan oleh 4 uji klinis yang menyatakan kalau ekstrak buah cranberry terbukti mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. 

Prive Uri-Cran dibuat dari ekstrak buah cranberry yang berkhasiat menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih. Ada 2 varian Prive Uri-Cran yang bisa kita konsumsi:

obat untuk anyang-anyangan prive uri-cran

Prive Uri-cran
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry
Sediaan: Kapsul
Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Prive Uri-cran Plus
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
Sediaan: Powder Sachet
Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Baik Prive Uri-cran atau rive Uri-cran Plus punya kemampuan yang sama mengatasi anyang-anyangan, hanya saja Prive Uri-cran (dalam sediaan kapsul) lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak mengandung gula seperti Prive Uri-cran Plus.

Prive Uri-cran Plus memang mengandung gula karena bentuknya powder sachet dan harus dilarutkan dengan 150 ml air sebelum diminum. Dan untuk hasil maksimal, sebaiknya Prive Uri-Cran Plus diminum setiap hari, 2 gelas per hari, selama kurang lebih 10 hari. Rasanya gimana? Kayak minum jus cranberry aja, segar!

obat untuk anyang-anyangan prive uri-cran

Gimana? teman-teman ada yang lagi mengalami anyang-anyangan dan tertarik mencoba Uri-cran? produk Uri-cran bisa teman-teman dapatkan di drugstore seperti Watson, Guardian, dan Century, atau Apotek K24 dan Kimia Farma. Malas keluar rumah? Beli online Lazada juga bisa kok. 

Yuk cobain sekarang aja, mumpung lagi ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent di Jakarta. Caranya gampang banget:
  1. Follow akun instagram @uricran.id
  2. Cek kuisnya dan jawab pertanyaannya di kolom komentar.
  3. Gunakan hashtag #uricran dan #uricrevent
Bagi teman-teman yang masih penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai anyang-anyangan, ISK, dan Uri-cran, langsung saja kunjungi website Uri-cran di http://uricran.co.id

Sampai jumpa di Uricrevent di Jakarta nanti yaa :)



#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #Yogyakarta

19 komentar:

  1. Dulu teman saya pernah kena ISK sampai harus dirawat di rumah sakit karena terlanjur parah, dan itu katanya sakit sekali mba, sampai dirawat dua mingguan. Dari situ jadi belajar untuk betul-betul rajin minum, dan jaga kebersihan dan nggak menahan diri kalau mau buang air kecil. Untungnya sekarang sudah ada obat yang bisa membantu ya mba, jadi ingin merekomendasikan produk ini ke teman saya incase kambuh lagi :D

    BalasHapus
  2. Wow..petualangan kuliahmu luar biasa. Wah2, seru banget fuh ikutan uricran event ke Jakarta..

    BalasHapus
  3. Anyang-anyangan nih emang gak banget deh karena menyiksa bagiku. Sekarang sepertinya harus sedia Uricran dirumah ya mbak, tinggal minum ini deh.

    BalasHapus
  4. aku pernah sekali ngalamin anyang2an, dan rasanya gak enak banget. dulu belum kenal uricran, jadi beneran sabar doang, sekarang udah ada uricran apalagi serbuk enak banget ya.

    BalasHapus
  5. uricran tu penyelamat aku waktu hamil, soalnya aku waktu hamil anyang2an :( tapi aku lebih suka yang serbuk drpd yg kapsul

    BalasHapus
  6. Pas banget mba, adikku yang sedang hamil juga suka anyang2an, bakal aku suggest ke dia ...aman buat busui juga ya?

    BalasHapus
  7. Nah ini nih solusi nya. Paling ga nyaman emang klo udh kena ayang anyangan kaya gini. Makasih info nya yah mba.. jd tau solusi nyaa

    BalasHapus
  8. ternyata banyak juga yah yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kesehatan organ intim ini.. harus lebih waspada nih, dan pastinya siapin uricran nya yaa..

    BalasHapus
  9. Aku insya Allah jarang kena anyang-anyangan. Tapi kalo udah kena, duh jangan sampe deh ya. Gak kuku akutu, gak enak banget deh pokoknya

    BalasHapus
  10. Serem jg yah klo sampe infeksi saluran kemih intinya ga boleh nunda klo mau pee, btw uri cran nya praktis jg ya cara minumnya

    BalasHapus
  11. Mbaaa kita setipe kalo mau ke toilet umum mikir kebersihannya. Kadang rela nahan kalo tempatnya ga nyaman.hahahah
    Aku dulu suka anyang-anyangan karena nahan pipis untung ada uricran. Lega

    BalasHapus
  12. Aku dulu suka banget nahan pipis, ternyata berbahaya buat kesehatan. Sejak tau, jadi gak pernah nahan lagi. Susahnya, pas lagi kebelet atau anyang anyangan gini waktu perjalanan, kudu sedia uri cran biar cepet kelar.

    BalasHapus
  13. Aku juga termasuk yang gak mau bak di wc umum, akhirnya nahan deh. kadang aman, kadang jadinya anyang-anyangan kareba bahan pipis dan nahan gak minum, ya udah deh, kena. alhamdulillah saya juga minum uricran mbak, emang manjur.

    BalasHapus
  14. Aduuuh semoga aku terhindar dari ISK. Anyang - anyangan itu bikin ngga enak bangeet yaaa mba

    BalasHapus
  15. Anyang-anyangan nih penyakit yang sepele tp gak bisa di sepelein krn ganggu banget, sedia uricran udah paling tepat yah mbak, aman kl pergi2 kemanapun

    BalasHapus
  16. Penting sekali ya untuk menjaga kesehatan saluran kemih biar bisa terhindar dari ISK ya

    BalasHapus
  17. Waah bermanfaat banget ini pasti kalau pas anyang-anyangan. Mau nyetok ah buat pas anyang-anyangan

    BalasHapus
  18. Sejak kenal Uricran aku jad gak khawatir lagi sama anyang-anyangan
    Trus udah gak lagi nahan-nahan pipisd

    BalasHapus
  19. Waduh kebiasaan cebok yang salah juga berpengaruh menimbulkan anyang2an ya? Kacau...cebokku udah bener belum ya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)