Thursday, May 23, 2019

Jaga Kulit Wajah Tetap Sehat Saat Mudik Dengan 5 Skincare Ini

tips merawat kulit saat mudik

Nggak terasa lebaran tinggal menghitung hari, selain ibadah yang makin kenceng, pastinya kita mulai mempersiapkan banyak hal untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Bagi yang nggak punya rencana keluar kota biasanya mulai membersihkan dan merenovasi rumah, sementara teman-teman yang punya rencana mudik ke kampung halaman pasti sudah mulai menyiapkan segala itinenary. Selain tiket perjalanan, penginapan, dan outfit, jangan lupa membawa skincare yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat selama mudik yaa.

Perjalanan mudik itu identik dengan ribet dan melelahkan, mau pakai transportasi apapun pasti butuh extra tenaga, dan kalau badan sudah capek biasanya kita jadi abai merawat wajah secara maksimal, asal cuci muka aja terus tidur deh, benar nggak? Alhasil kulit jadi gampang kusam, kering, dan kadang-kadang breakout juga, huhuu.. Padahal tujuan mudik untuk berkumpul dengan keluarga besar yang membutuhkan penampilan paripurna, karena itu perawatan kulit saat mudik jadi penting banget.

"Tapi kan males banget bawa banyak skincare di perjalanan" Iya, saya juga males kok bawa macam-macam skincare, jarang dipakai juga sih.. jadi saya hanya bawa yang betul-betul perlu, praktis, dan punya banyak manfaat sekaligus. 

Lima skincare yang saya sebutkan di bawah ini adalah skincare yang biasa saya bawa saat travelling seperti saat roadtrip ke Bromo kemarin, semoga bisa membantu teman-teman yang ingin menjaga kulit tetap sehat selama mudik.

1. Face Cleanser

Kalau sehari-hari saya mengandalkan face oil untuk double cleansing, saat di perjalanan andalan saya adalah Safi White Expert Purifying Cleanser yang punya 2 varian: Safi White Expert 2in1 Cleanser & Toner dalam kemasan botol pump untuk kulit kombinasi dan Safi White Expert Purifying Cleanser dalam kemasan tube untuk kulit berminyak.

Sebenarnya pakai 1 varian cleanser saja sudah cukup, tapi karena saya mau kulit wajah benar-benar bersih, saya pakai kedua varian cleanser ini selama di perjalanan.

tips merawat kulit saat mudik

2. Sheet Mask

Salah satu tantangan saat berpuasa adalah kondisi kulit muka yang berkurang kelembapannya dan jadi lebih mudah berjerawat, apalagi jika kita berpuasa sambil melakukan perjalanan mudik, sudahlah kulit mirip padang tandus saking keringnya, masih ditambah paparan debu, asap, dan sinar ultraviolet.

Jadi selain rajin minum air putih saya juga berusaha rutin pakai sheet mask, karena di dalam sheet mask biasanya sudah terkandung berbagai essence dan vitamin lain yang berfungsi untuk menghidrasi kulit, mencerahkan, menghilangkan jerawat, mengeksfoliasi, dan banyak manfaat lainnya asal kita rutin memakainya. Tanpa perlu membawa macam-macam serum dan essence, semua nutrisi yang dibutuhkan kulit bisa didapatkan melalui selembar sheetmask.

Baca juga Wardah Nature Daily Sheet Mask, Sheet Mask Halal Untuk Semua Masalah Kulitmu

tips merawat kulit saat mudik

3. Hydrating Toner

Paparan asap dan sinar matahari yang berlebihan akan membuat kelembapan kulit berkurang cepat. Padahal pada kulit berminyak, kekurangan cairan akan membuat kulit berpikir untuk memproduksi lebih banyak minyak sebagai cara alami melembabkan, produksi minyak berlebih akan menimbulkan masalah lain seperti komedo dan jerawat. Karena itu sangat penting bagi kulit berminyak memakai pelembab supaya kulit nggak menambah produksi minyaknya lagi.

Ketimbang memakai pelembab dalam bentuk cream, saya lebih suka pakai hydrating toner yang teksturnya lebih ringan agar wajah tidak cepat berminyak. Favorit saya adalah Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion yang mampu menghidrasi, mencerahkan kulit secara cepat, dan mencegah munculnya noda hitam dari dalam kulit.

Baca juga Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion, Pelembabnya Kulit Berminyak

tips merawat kulit saat mudik

4. Sunscreen

Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari radiasi UV A dan UV B yang bisa mengakibatkan sunburn, penuaan dini, dan kanker kulit. Masalahnya, tapi bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat seperti saya, memilih sunscreen jadi susah-susah gampang, kandungan SPF pada beberapa sunscreen kadang bisa membuat breakout alias jerawat tumbuh makin parah dan bikin kapok nggak mau pakai sunscreen lagi. 


Yang nggak punya masalah jerawat pun mengeluhkan efek whitecast akibat pemakaian sunscreen berSPF tinggi. Saat susncreen di aplikasikan bawah foundie atau compact powder, muka kita akan terlihat belang-belang putih di beberapa bagian.

Makanya penting buat saya memilih sunscreen yang bersifat water-based, bertekstur light, watery, non-comedogenic dan oil-free seperti Bioré UV Aqua Rich Watery Essence yang memiliki SPF 50+ dan PA+++ .

Karena teksturnya ringan dan watery, Bioré UV Aqua Rich Watery Essence sangat mudah diaplikasikan ulang di atas makeup wajah. Saya cuma perlu menyerap kelebihan minyak wajah dengan bloating paper lalu teteskan sunscreen ini secukupnya di punggung tangan yang sudah dibersihkan, ambil sedikit sunscreen menggunakan cushion puff dan tepuk-tepuk pelan keseluruh permukaan wajah, lakukan sampai merata. Dijamin foundie nggak akan geser dan makeup tetap rapih.

tips merawat kulit saat mudik

5. Face Mist

Masih banyak yang menganggap remeh skincare yang satu ini, padahal face mist bisa sangat berguna menjaga kulit tetap sehat selama perjalanan lho. face mist mengadnung banyak air dan mineral petning lainnya yang akan menghidrasi dan menyegarkan kulit, memberi efek glowing pada wajah, seeta mampu menjaga riasan lebih tahan lama.

Salah satu face mist kesukaan saya adalah Wardah C-defense Face Mist dengan kandungan Hi-grade vitamin C yang diklaim kaya antioksidan, mampu mencerahkan wajah, dan cocok untuk kulit berminyak.

tips merawat kulit saat mudik


Selain lima skincare tadi, saya juga selalu bawa lipbalm dan body lotion. Dan supaya makin praktis, semua skincare bisa kita pindahkan ke botol kecil bertutup rapat, tapi karena saya lebih sering melakukan perjalanan darat dengan mobil, saya selalu bawa dengan botol aslinya di tas kecil terpisah yang mudah diambil.

Kalau teman-teman biasanya bawa skincare apa saja saat perjalanan mudik? Cerita dong di kolom komentar, siapa tahu saya bisa ikutan pakai juga :)



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)